Pages

Subscribe:

Sabtu, 22 Oktober 2011

Bahaya Terlalu Banyak Duduk



Dampak terlalu banyak duduk :
* Peningkatan berat badan
* Serangan jantung
* Kematian

PARA ahli kesehatan memperingatkan, terlalu banyak duduk ternyata berbahaya bagi kesehatan meskipun Anda sudah berolahraga secara teratur.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa orang yang banyak menghabiskan waktunya dalam posisi duduk, terancam mengalami peningkatan berat badan, terkena serangan jantung, bahkan mengalami kematian.


"Setelah Anda duduk empat jam, tubuh Anda akan mulai mengirimkan sinyal-sinyal tanda bahaya," ujar ahli kesehatan dari Swedish School of Sport and Health Sciences, Elin Ekblom-Bak.

Ia menjelaskan, akibat terlalu banyak duduk, sel-sel yang mengatur kadar glukosa dan lemak dalam tubuh mulai tidak berfungsi.

Ahli fisik dari World Health Organization (WHO) Tim Amstrong menyarankan mereka yang terpaksa bekerja dengan duduk dalam waktu lama agar berolahraga setiap hari, jangan menumpuk pada suatu waktu.

"Olahraga tetap memegang peranan penting. Namun ketika Anda di kantor, cobalah untuk berdiri dari tempat duduk Anda sesering mungkin. Jangan hanya mengirimkan rekan kerja Anda dengan pesan singkat atau e-mail, tetapi coba berjalan dan bicara langsung kepadanya," jelas Tim Amstrong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar